Sungai Merangin”Ngampuh”Ratusan Rumah di Pelataran Sungai Terendam Bajir

JurnalOne.com, BANGKO – Tingginya intensitas hujan diwilayah Kabupaten Merangin, membuat Sungai Batang Merangin meluap, Jumat (12/01/2024).

Akibatnya, ratusan rumah Desa disepanjang pelataran aliran Sungai yakni, dari Desa Biuku Tanjung, Pl Rengas, Kungkai, dan Pl Kemang, Kelurahan Pasar Bawah Bangko, dan Bangko Tinggi turut terendam.

“Pagi ini Sungai Batang Merangin meluap lebih dari pada biasanya.Sehingga ratusan rumah dipelataran sepanjang aliran sungai terdampak banjir dengan kedalaman berfariasi.Mulai dari Desa Biuku Tanjung, Pl Rengas, Kungkai, Pl Kemang, Pasar Bangko, Bangko Tinggi, semuanya terjebak banjir,” ungkap warga.

Menurut warga itu, meski belum ada informasi adanya korban jiwa, dari sekian Desa dan Kelurahan terendam, Desa Kungkai yang terparah. Sebab, jembatan gantung penghubung di Desa itu hancur Lulu diterjang banjir.

“Ya, di Desa Kungkai, jembatan tenggelam hingga roboh akibat terjangan derasnya arus banjir.Kita berharap, semoga tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang sangat luar biasa ini,” tuturnya.

Dikatakannya, musibah ini bukan hanya Sungai Batang Merangin saja yang meluap, dari informasi didapat bahwa Sungai Tembesi juga mengganas.

“Desa Pulau Bayur Kecamatan Tiang Pumpung, kabarnya puluhan rumah juga tenggelam akibat banjir. Sama seperti Desa Kungkai Jembatan gantung penghubung antara dua Desa itu hancur dihantam banjir,” paparnya.

Tadi, lanjutnya, Pj Bupati Mukti Said bersama tim TRC BPBD Kabupaten Merangin juga telah turun kebeberapa titik di lokasi banjir dan menghimbau supaya masyarakat terus waspada mengingat debit air sampai saat ini belum ada tanda – tanda akan surut

“Pak Pj juga menghimbau agar masyarakat Merangin, terdampak banjir lebih berhati hati karena sampai saat ini air belum ada tanda tanda bakal surut,” pungkasnya.(*)

Penulis/Editor/Rafik