Wabup Merangin Nilwan Yahya Launching Program Dashat

JurnalOne.com, BANGKO – Wabup Merangin (Wabup) Nilwan Yahya melaunching Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT), di Kampung Keluarga Berkualitas Desa Karang Berahi Kecamatan Pamenang, Senin (06/2/2023).

Tampak hadir pada acara itu, Anggota DPD Republik Indonesia  M Syukur, Asisten I Setda Merangin Abdul Gani, Kadis PPKB Merangin Abdaie, perwakilan BKKBN Provinsi Jambi Munawar Ibrahim, dan sejumlah camat.

Wabup mengatakan, salah satu upaya penurunan stunting adalah dengan DAHSAT. Dahsat merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam upaya pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga berisiko stunting.

‘’Pemkab Merangin saat ini sedang fokus melakukan pencegahan stunting. Upaya ini bertujuan agar anak-anak Merangin, dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan maksimal,’’kata Wabup.

Perkembangan anak secara optimal dan maksimal itu lanjut wabup, tentunya disertai kemampuan emosional, sosial dan fisik yang siap untuk belajar serta mampu berinovasi dan berkompetensi di tingkat global.

‘’Ada tiga hal penting yang harus diperhatikan dalam pencegahan stunting, yaitu perbaikan tehadap pola makan, pola asuh serta perbaikan sanitasi dan akses air bersih ke masyarakat,’’terang Wabup dibenarkan Asisten I Setda Merangin H Abdul Gani.

Program DASHAT sambung wabup, merupakan salah satu upaya perbaikan pola makan dan gizi masyarakat, yang merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam upaya pemenuhan gizi untuk mengurangi resiko stunting.

Pemkab Merangin terus mendukung upaya pencegahan dan penanganan stunting. Upaya pencegahan dan penanganan stunting bahkan sudah dimulai sejak calon pengantin (Caten) mau melangsungkan pernikahan.

Lebih lanjut dikatakan wabup, Pemkab Merangin terus berkomitmen dan memberikan perhatian ancaman stunting. ‘’Ibu hamil selalu kami diperhatikan, agar kecukupan gizinya tepenuhi, sehingga melahirkan anak terhindar stunting,’’jelas Wabup.

Pencegahan dan penanganan stunting di setiap kecamatannya dalam Kabupaten Merangin, juga menjadi pendukung terhadap berkembang kampung keluarga berkualitas di Kabupaten Merangin.

Acara launching DASHAT itu, dilanjutkan dengan monitoring dan evaluasi penanggulangan kemiskinan esktrim dan stunting, untuk Kecamatan Pamenang dan kecamatan di sekitarnya.(*)

Penulis/Editor/Rafik
Sumber/Kominfo Kabupaten Merangin