Gubernur Harap Sosialisasi Uji Kompetisi Kepala Sekolah SMK Tingkatkan Pendidikan Kejuruan

JurnalOne.com, JAMBI – Uji Kompetisi Kepala Sekolah SMK diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi kemajuan pendidikan kejuruan di Provinsi Jambi, Minggu (02/04/2023).

Hal ini dikatakan Gubernur Jambi, Al Haris saat menutup Sosialisasi Uji Kompetensi Keahlian (UKK) untuk Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), se – Provinsi Jambi Tahun 2023, bertempat di Shang Ratu Hotel Jambi.

“Saya menyambut dan mendukung Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jambi terus berupaya melakukan transformasi pendidikan dengan menyiapkan infrastruktur pendidikan, peningkatan kompetensi siswa maupun tenaga pendidik pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Dengan demikian kualitas daya saing dan sumber daya manusia berkompeten terus meningkat dimasa-masa mendatang,” begitu kata Al Haris

Tantangan dan tugas Kepala Sekolah, sambung Al Haris, kedepannya semakin berat karena dituntut melahirkan anak anak Jambi yang berkualitas.

” Kepala Sekolah bisa membuat anak didik menumbuhkembangkan minat dan bakat mereka agar mencintai hobi, bakat dan keahliannya, sehingga mereka tidak dipaksa masuk dalam suatu jurusan, tapi mereka sudah mempunyai hobi masuk ke jurusan yang mereka inginkan, selain itu, kepala sekolah harus melihat pasar kerja, apa yang banyak di butuhkan oleh pasar, jurusan itulah yang banyak dibuka,” kata Al Haris.

Gubernur Al Haris, menitipkan pendidikan anak anak Jambi kepada kepala sekolah agar meningkatkan daya saing.

” Saya titipkan anak anak Jambi kepada kepala sekolah kejuruan agar mereka mempunyai kemampuan bersaing selain itu dalam mengukur capaian pembangunan manusia atau yang lebih dikenal dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Jambi bisa naik berdasarkan pada sejumlah komponen dasar pendidikan yang berkwalitas melahirkan anak anak yang berkemampuan untuk melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi lagi,”tuturnya.

Kegiatan sosialisasi yang laksanakan salah satu upaya bersama untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya pendidikan kejuruan. Pendidikan ini merupakan pendidikan mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu, keahlian yang khusus.Pendidikan kejuruan mempunyai peran yang sangat besar dalam pembangunan sumber daya manusia di bidang ketenagakerjaan.

” Dengan adanya pendidikan kejuruan akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkompeten di bidangnya karena dalam masa pendidikan kejuruan sudah diberikan basic dasar dalam bekerja yang nantinya akan menjadi bekal jika bekerja di suatu instansi atau pangsa kerja.

” Saya ingin yang lulus SMK nanti standar nasional, agar nanti bisa masuk ke bursa Kerja tidak hanya di Jambi di luar negeri bisa diterima, selain itu ada kolaborasi antara kepala SMK dengan BLK yang itu nanti buat satu hubungan emosional kepada akhirnya membentuk tenaga-tenaga jadi yang punya skill yang mempunya kemampuan yang bisa diterima di pangsa kerja,”pungkasnya.(*)

Penulis/Editor/Rafik
Sumber/Kominfo Provinsi Jambi