Timbangan Kurang Sampai Dua Kuintal, PT. AWI, di Keluhkan Penjual TBS

Jurnalone.com, BANGKO – Sejumlah penjual Tandan Buah Segar (TBS) sawit di Kabupaten Merangin, Jambi, pada memgeluh ke PT Agro Wijaya Industri (AWI).

Pasalnya, buah sawit yang mereka jual ke PKS tersebut, banyak bekurang. Bahkan, mencapai sampai dua kuintal (200kg) setelah ditimbang.

Hal ini diakui HN, yang tak lain sebagai penjual. Dia malah terkejut dan merasa rugi akibat dari pengurangan timbangan tersebut.

“Kami heran, kok bisa timbanganya berkurang drastis sampai dua kuintal,” ungkap HN kemedia ini, Jumat (6/1/2023)

Tak hanya HN, salah satu rekannya, berinisial KS, juga mengalami hal yang sama disaat menjual TBS ke pabrik tersebut.

“Pengurangan timbangan air saja sampai 3%, ditambah lagi hilang dua kuintal,” tuturnya.

Sementara itu, Bambang selaku Head Office (HO) PT AWI saat dikonfirmasi melalui sambungan WhatsApp mengakui, sampai saat ini dirinya belum mendapat laporan terkait berkurangnya jumlah timbangan dari sejumlah penjual tbs.

“Sampai saat ini saya belum mendapat laporan dari penjual tbs, terkait berkurangnya jumlah timbangan,”Ujarnya

Ia menyebutkan, akan mengecek langsung timbangan yang ada dipabrik, terkait keluhan yang disampaikan oleh para penjual TBS.

Lanjutnya, sedangkan untuk ke akuratan timbangan semua wewenang Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Merangin, dalam hal ini Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (DKUKMP).

“Saya akan cek langsung timbangan yang dikeluhkan oleh para penjual tbs. Sedangkan untuk ke akuratan timbangan sudah melalui uji Dinas terkait Pemkab Merangin,”jelasnya.(*)

Penulis/Joni
Editor/Rafik