Bersama TNI Dan Polri, Pemkab Merangin Peringati Hari Pahlawan ke – 78

JurnalOne.com, BANGKO – Kabupaten Merangin memperingati hari Pahlawan ke-78 yang dipusatkan pada upacara pengibaran bendera, di halaman depan kantor baru bupati Merangin, Jumat (10/11/2023).

Upacara diikuti barisan dari TNI Dandim 0420 Sarko, Polisi Poles Merangin, Brimob Batalyon B Pelopor Pamenang, Satpol PP, Perhubungan, BPBD, Korpri, Mahasiswa, Pelajar, Pramuka dan barisan lainnya.

Tampil sebagai Inspektur Upacara Pj Bupati Merangin Mukti. Pada pengarahannya Pj bupati membacakan sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini.

Dikatakan Mukti, hari Pahlawan ke-78 kali ini, diperingati dengan mengusung tema ‘Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan’.

‘’Tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata. Mengingat kita merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa,’’ujar Pj Bupati.

Itulah lanjut H Mukti, tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan Bangsa dan Negara.

‘’Ancaman dan tantangan ini akan kita taklukkan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945. Tidak mudah memang, tapi pasti bisa,’’tegas Mukti Said.

Pahlawan jelas Pj bupati, orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara di atas kepentingan kelompok dan atau diri sendiri.

Pada akhir acara, bupati menyantuni dua orang peteran Kabupaten Merangin yang khusuk mengikuti jalannya upacara peringatah hari Pahlawan ke-78, pada 10 November 2023.

Usai upacara peringatan hari Pahlawan di Kabupaten Merangin, Pj Bupati Merangin H Mukti bersama rombongan bertolak ke Makam Pahlawan Patriot Bhakti, untuk mengikuti upacara Ziarah Tabur Bunga. (*)

Penulis/Editor/Rafik

Sumber/Kominfo Merangin