Wagub Abdulah Sani Hadiri Pembukaan MTQ ke – 53 Tingkat Kabupaten di Batang Hari

JurnalOne.com, BATANG HARI – Wakil Gubernur, Jambi, Abdullah Sani, menghadiri Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-53 Tingkat Kabupaten Batanghari, di Arena Utama MTQ Ke-53, Kelurahan Kembang Paseban, Kecamatan Mersam, Kabupaten Batanghari, Sabtu, (03/06/2023) Malam.

Dikesempatan tersebut, Wagub mengatakan MTQ merupakan media dan ruang dakwah serta syiar keagamaan yang efektif menggugah semangat para generasi muda untuk mempelajari Al-Qur’an.

“Saya sangat apresiasi kepada pihak yang telah menginisiasi, mendukung, serta berkontribusi atas terselenggaranya Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-53 Tingkat Kabupaten Batanghari Tahun 2023. Ini menjadi budaya, media, dan ruang dakwah serta syiar keagamaan yang efektif untuk menggugah semangat para generasi muda untuk mempelajari Al-Qur’an,” tegas Abdullah Sani.

Pemerintah pusat dan Provinsi, maupun Kabupaten/Kota bersama pemangku kepentingan dan pihak terkait, terus berupaya melaksanakan pembangunan di segala bidang, termasuk pembangunan sumber daya manusia.

“MTQ juga salah satu cara mewujudkan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), di Provinsi Jambi. Saya berharap kegiatan MTQ tidak hanya menjadi kegiatan seremonial keagamaan semata, namun hakikat, makna dan tujuannya dapat di pegang teguh sehingga dapat meningkatkan perubahan perilaku masyarakat, dan berpegang teguh pada nilai-nilai agama di kehidupan serta bernegara,” lanjut Wagub.

Wagub Sani menjelaskan, sebagaimana diketahui, Al-Qur’an adalah pedoman hidup bagi seluruh umat muslim. Terapkan nilai-nilainya dan artinya dalam dikehidupan insya Allah akan membangun kualitas sumber daya umat yang unggul, kompetitif dan berkarakter Islami, sebagaimana akhlak Rasulullah.

“Al-Qur’an juga menjadi inspirasi dalam membangun nilai-nilai kerukunan, toleransi dan keharmonisan, sekaligus solusi dari berbagai persoalan aktual umat dan bangsa.Dengan mengamalkannya, semoga kita bisa menciptakan kedamaian antar umat beragama dan menyebarluaskan kebaikan, serta menjadi insan yang dirahmati oleh Allah SWT,” tutur Sani.

Masih dikatakan Wagub, pada MTQ ini, banyak mencetak generasi Qori/Qori’ah, serta Hafidz/Hafidzah dari berbagai kalangan serta umur, yang berprestasi dengan keberanian, inisiatif, dan kontribusi seluruh peserta yang mengikuti MTQ Ke-53 Tingkat Kabupaten Batanghari.

“Semoga melalui MTQ ini kita dapat menemukan bibit unggul dari segela generasi yang dapat membumikan Al-Qur’an,” singkat Wagub.

Kepada peserta, Wagub berharap agar tidak hanya mengejar kemenangan, tetapi lebih termotivasi dan berkeinginan kuat untuk menguasai ilmu-ilmu keagamaan.

“Kepada para peserta tidak hanya mengejar kemenangan, tetapi lebih termotivasi dan berkeinginan kuat untuk menguasai ilmu-ilmu keagamaan yang berkaitan dengan Al-Qur’an, baik melalui jalur pendidikan formal maupun non-formal, sehingga MTQ tidak hanya menjadi ajang untuk berlatih dan berlomba membaca Al-Qur’an semata, namun juga mencetak generasi bangsa yang Qur’ani, yang memahami isi kandungan ayat yang dibaca, sehingga diharapkan akan membentuk salah satu ciri SDM unggul yang sesuai dengan nafas Al-Qur’an,” sebut Wagub Sani.

Sementara itu, Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief, mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Batanghari sehingga terlaksananya giat akbar ini.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Batanghari yang telah ikut berpartisipasi dan memberikan dukungan hingga acara ini berjalan lancar dan meriah,” kata Bupati Batanghari.

Dikatakan Bupati Batanghari, MTQ ini merupakan momentum untuk peningkatan iman dan taqwa serta pembelajaran bagi semua umat muslim dalam menilai dan memaknai arti Al- Qur’an.

“Pemerintah Kabupaten Batanghari terus berupaya meningkatkan minat masyarakat dalam membaca aksara Al-Qur’an, dengan mengangkat guru-guru pengajian disekolah-sekolah SD dan SMP, sehingga ditahun berikutnya buta aksara Al-Qur’an bisa diatasi,” tutup Bupati.(*)

Penulis/Editor/Rafik
Sumber/Kominfo Provinsi Jambi