Warga Simpang Limbur Desak Bupati Copot Kepala Puskesmas

JurnalOne.com, BANGKO – Sejumlah tokoh masyarakat dan warga Desa Simpang Limbur Kecamatan Pamenang Barat, Kabupten Merangin, Jambi, beramai-ramai menemui Bupati Mashuri di ruang kerjanya, Senin (20/02/2023).

Kedatangan mereka menyampaikan keluhan dan aspirasi masyarakat, untuk mendesak Bupati memberhentikan Kepala Puskesmas Desa Simpang Limbur, karena dinilai kinerjanya bobrok serta tidak fokus melayani kesehatan warga setempat.

“Kedatangan kami kesini minta betul kepada Bupati untuk segera memberhentikan Kepala Puskesmas Simpang Limbur tersebut, karena pelayanan kesehatan di Puskesmas Simpang Limbur itu sudah tidak berjalan dengan baik,” tegas Mad orang yang dipercaya menyampaikan aspirasi.

Mad menceritakan, keluhan ini pernah dibuktikan sendiri dimana waktu itu keponakannya mendapat musibah kecelakaan.Dan saat itu tidak mendapat pelayanan baik dari Puskesmas.

“Pernah terjadi kecelakaan korbannya dibawa ke Puskesmas, tetapi korban kebetulan ponakan saya, tidak mendapat pelayanan yang baik. Sekali lagi kami ke Bupati untuk mengevaluasinya,” tutur Mad.

Sedangkan Bupati Merangin Mashuri menyambut baik keluhan yang disampaikan perwakilan warga Limbur Merangin tersebut.

‘’Kinerja Kepala Puskesmas Desa Limbur Merangin ini sudah saya pantau setelah beliau dilantik. Bahkan saya sudah memanggilnya melalui Kadis Kesehatan drg Soni dan sudah diberi nasehat dan sudah diingatkan atas kinerjanya yang tidak fokus,’’ujar Bupati.

Atas laporan warga dan para tokoh masyarakat tersebut, Bupati langsung memerintahkan Inspektur Kabupaten Merangin, untuk segera langsung melakukan investigasi ke Tempat Kejadian Perkara (TKP).

‘’Jika pada investigasi itu nanti ditemukan benar adanya tudingan warga dan para tokoh masyarakat itu, maka Kepala Puskesmas Desa Simpang Limbur, tanpa menunggu lama akan segera saya ditarik ke Bangko,’’jelas Bupati.

Sejauh ini diakui bupati, telah disiapkan orang yang akan menjadi pelaksana tugas di Puskesmas tersebut. Hal ini dibenarkan kepala Badan Kepegawan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Merangin Ferdi Firdaus.(*)

Penulis/Yazdi Awan
Editor/Rafik