Masyarakat Desa Telun Keluhkan Dua Bulan Tak Terima BLT

BANGKO – Masyarakat Desa Telun Kecamatan Nalo Tantan, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, pada mengeluh lantaran bulan Nopember dan Desember ini tidak lagi mendapat Bantuan Lansung Tunai (BLT) dari Desa, Selasa, (29/11/2022).

“Sudah dua bulan, masyarakat Desa Telun tidak terima BLT. Karena informasinya belum dicairkan,”keluh PS (32) perwakilan masyarakat Telun saat bertutur kemedia ini.

PS melanjutkan, pihaknya juga pernah bertanya ke Kepala Desa kenapa BLT dua bulan ini tidak dibagikan, sedangkan untuk Desa tetangga telah telah rampung semua disalurkan.

“Kata Kades dana itu ada, tapi belum dicairkan. Kenapa tidak dicairkan, apa harus nunggu masyarakat geram. Sejauh ini tidak ada kepastian kapan dana itu dibagikan. Untuk Desa lain sudah semua, jangan jangan ada permainan ini,” imbuhnya.

Sedangkan, Kepala Desa Telun Lukman Kholid dikonfirmasi terkait, “Mangkraknya” penyaluran BLT didesanya mengakui. Ia mengatakan, hanya bulan Nopember dan Desember ini.

“Yang belum di realisasi bulan November dan Desember ini, kalau bulan yang sudah telah di realisasi semua,” jawab Kades.

Menurut Kades, molornya penyaluran BLT, karena ada empat orang warganya tidak bisa menerima, dua orang diantaranya meninggal, dan dua orangnya lagi sudah tidak layak lagi menerima BLT.

“Maka kami harus mengadakan musyawarah untuk menggantikan empat orang tersebut secepatnya,” papar Kades.

Disamping itu, lanjut Kades, hal ini juga ditenggarai adanya penerimaan dana Bansos sehingga terjadi tumbang tindih data, dan ini harus diselesaikan dulu.

“Kebetulan data penerimaan Bansos di kantor pos sudah kami dapatkan, jadi ada warga yang sebelumnya menerima Bansos, tidak mendapat BLT lagi. Maka prioritas kami memasukkan nama nama baru sebagai pengganti.Insaaloh akan kita realisasikan secepatnya begitu berita acara musyawarah di sepakati,” tukas Kades

Penulis/Editor/Rafik